About

Friday 2 September 2016

Tempat Wisata Rakyat Kota Batu

Bertujuh.com - Haloo sahabat bertujuh.com kali ini bertujuh.com akan memberikan sebuah tentang wisata di kota Batu yang murah meriah. Untuk pergi berkunjung ke lokasi  wisata di Kota Batu tidak harus selalu mengeluarkan biaya, ada beberapa tempat wisata di kota Batu yang merupakan lokasi favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan secara gratis. Tempat wisata gratis juga menjadi tujuan utama warga Batu untuk mencari hiburan dan rekreasi bersama keluarga.

Berikut ini adalah tempat-tempat wisata rakyat yang ada di Kota Batu:

1. Alun-Alun Kota Batu

Seperti halnya kota-kota lainya di Indonesia, Kota Batu juga terdapat sebuah alun-alun kota. Alun-alun kota Batu sudah banyak dikenal oleh wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun wisatawan dari luar daerah Batu karena keindahannya serta tersedianya berbagai macam sarana bermain untuk anak-anak yang dapat dinikmati dengan gratis. Alun-alun Batu letaknya berada di tengah kota Batu dan terdapat sebuah ikon apel di tengah-tengahnya.

alun alun batu
Pemandangan Alun-alun Batu Malam Hari
Pada awalnya alun-alun Kota Batu wajahnya sama dengan alun-alun kota lainnya. Kemudian pada tahun 2010 Pemkot Batu mulai merenovasi tampilan alun-alun dengan membangun wahana air mancur, bangunan toilet berbentuk apel, bangku- tempat duduk, taman bunga, patung hewan, tempat bermain anak-anak,  pusat informasi pariwisata dengan bentuk strabery. Sehingga dengan renovasi tersebut membuat kesan yang memiliki daya tarik  tersendendiri.

Sejak dibuka tahun 2011, alun –alun Kota Batu menjadi favorit tujuan warga maupun wisatawan dari luar daerah. Alun-laun Kota Batu ramai dikunjungi wisatawan  mulai pagi, siang hingga malam hari. Wisatan bertambah banyak setelah pemerintah Kota Batu menambahkan wahana baru yaitu bianglala, merupakan wahana yang sangat disukai oleh pengunjung.

Lokasi alun-alun dan semua bagian bangunannya sangat terjaga kebersihannya, hampir tidak ada sampah yang berserakan. Meskipun berlabel gratis, bukan berarti alun-alun Kota Batu merupakan tempat yang kumuh dan tidak terawat. Himbauan untuk menjaga kebersihan ditempel di berbagai tempat, selain itu petugas juga selalu memberi peringatan yang disiarkan berulang-ulang melalui speaker yang ada di alun-alun Kota Batu.

Di siang hari, anak-anak dapat bebas bermain di arena khusus dan di malam hari lampiron menyala disertai lampu taman, sehingga semakin menambah keindahan alun-alun. Di sekitar alun-alun, pengunjung dapat membeli jajanan seperti ketan legenda dan lain –lain.

2. Pasar Parkiran

Pasar Parkiran Kota Batu
Pasar Parkiran Kota Batu
Satu tempat wisata di Kota Batu yang juga dapat dikunjungi tanpa harus membayar adalah pasar parkiran. Wisata Pasar Parkiran tergolong tempat wisata baru yang berada di Kota Batu. Lokasi dari Pasar Parkiran ini berada di kawasan jalan Sultan Agung berdekatan dengan daerah wisata Jatim Park 1 dan Museum Angkut.

Di tempat wisata pasar parkiran pengunjung dapat menemui berbagai macam kuliner yang disajikan dalam kendaraan-kendaraan, selain itu pengunjung juga dapat menikmati sajian berbagai macam jenis musik, dan berbagai macam wahana mainan. Bagi pengunjung yang suka membaca, juga disediakan rumah baca di area tersebut. Bagi Anda yang suka berfoto ria, di wisata parkiran juga terdapat wahana foto dengan latar belakang gambar 3 dimensi. 

Suasana di pasar parkiran semakin hidup dengan  kelap kelip lampu yang menghiasi area, membuat pengunjung semakin betah berada di tempat itu. 

3. Wisata Payung

Wisata Payung Batu
Wisata Payung Batu
Tempat wisata rakyat di Kota Batu berikutnya adalah wisata payung, sesuai namanya wisata payung tetapi bukan berarti terdapat banyak payung di lokasi wisata tersebut. Lokasi wisata payung berada sekitar 3 km dari pusat kota Batu, tepatnya berada di tepi sepanjang jalan sebelah kanan dari arah Batu ke Pujon. Wisata payung adalah wisata kuliner dimana disana terdaat beberapa puluh kios dari kayu atau bambu, yang berdiri di pinggir jalan . Kuliner khas yang bisa ditemui adalah  jagung bakar, selain itu juga ada STMJ, roti dan pisang bakar, mie instan dan ada juga yang menjual nasi serta lauknya.
wisata payung batu
Pemandangan Kota Batu dilihat dari wisata Payung
Lokasinya yang berada di atas bukit sehingga dari lokasi wisata payung tersebut dapat terlihat pemandangan kota Batu dari ketinggian, selain itu jika malam hari dapat terlihat pemandangan lampu kota yang sangat indah dari atas. Wisata Payung ini menjadi tempat favorit bagi muda-mudi untuk nongkrong di malam hari.

Bagaimana sahabat bertujuh.com? apa Anda tertarik untuk mengunjunginya? tidak ada salahnya jika Anda jalan-jalan wisata ke Kota Batu untuk mencoba mengunjungi wisata-wisata rakyat tersebut. 

0 comments:

Post a Comment