About

Tuesday 6 September 2016

Wisata Pulau Sempu Surga Keindahan Yang Tersembunyi di Malang


Bertujuh.com - Hallo sobat bertujuh.com, kali ini bertujuh.com akan memberikan sebuah artikel wisata menarik yang ada di wilayah Malang. Mungkin Anda pernah menonton film The Beach yang dibintangi oleh aktor kawakan Leonardo Di Caprio dimana di film tersebut menceritakan tentang sebuah pulau yang tersembunyi dengan keindahan pulaunya yang bersifat privat. Maya Bay adalah nama pantai yang menjadi lokasi syuting utama Film The Beach, pantai ini berada di wilayah perairan selatan negara Thailand.

Untuk Anda yang berada di Indonesia tidak perlu jauh-jauh menuju ke Thailand untuk menikmati keindahan dari May Bay. Di Indonesia juga terdapat pulau yang memiliki keindahan sama seperti Maya Bay yakni Pulau Sempu yang berada di Wilayah Malang. Silakan Anda datang berkunjung ke laguna yang ada di Pulau Sempu, disana Anda akan menemukan kesamaannya dengan seperti yang ada di Maya Bay. Pulau Sempu merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Malang yang terletak di Pantai Selatan. Pulau ini merupakan cagar alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Departemen Kehutanan.

Segara Anak Pulau Sempu
Keindahan Pemandangan Segara Anak Pulau Sempu
Untuk menuju ke Pulau Sempu pengunjung harus menuju Pantai Tempat Pelelangan Ikan yaitu Pantai Sendang Biru di daerah Malang Selatan. Jarak Pulau Sempu sendiri sekitar 69 km dari kota Malang. Untuk mencapai pulau sempu ini pengujung disarankan untuk membawa kendaraan pribadi roda empat. Pengunjung dapat menitipkan kendaraannya di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Sendang Biru. Untuk menyeberang ke Pulau Sempu pengunjung dapat menyewa perahu boat dengan harga sekitar Rp 150.000, dan membuat  kesepakatan untuk penjemputan kembali dari Pulau Sempu . Setelah sampai di Teluk Semut, pengunjung harus melakukan perjalanan dengan menempuh jarak sekitar 2.5 km dengan berjalan kaki atau kira-kira 2 jam perjalanan menuju ke dalam pulau.  Perjalanan melewati hutan belantara dengan jalan yang terjal dan mendaki.
Semua jerih payah pengunjung dalam menuju ke lokasi wisata Pulau Sempu akan terbayarkan dengan menyaksikan keindahan Segara Anak yaitu sebuah laguna di tengah pulau. Laguna ini terbentuk dari hempasan air laut yang masuk melalui celah bebatuan. Saat air laut surut,  laguna ini airnya tidak begitu banyak tetapi saat air menjadi pasang air laguna akan semakin banyak. Pasir yang terdapat di laguna ini begitu putih dan bersih serta suasana pulau Sempu yang sepi sehingga seolah-olah laguna adalah milik pribadi. Keindahan laguna dengan airnya yang jernih sehingga nampak deretan terumbu karang yang masih hidup. 

Pengunjung dapat menikmati keindahan dari Segara Anak dengan bermain-main air, berenang atau sekedar jalan-jalan dan mengambil gambar. Karena keindahan laguna ini banyak orang menyamakan dengan pantai Maya Bay Thailand yang ada di film The Beach.

Biasanya pengunjung akan kembali dari Pulau Sempu ke Pantai Sendang Biru menjelang sore hari, karena Pulau Sempu ini tidak berpenduduk sehingga tidak ada fasilitas penginapan yang ada di sini, kecuali pengunjung yang menginap untuk berkemah. Katika berada di Pulau Sempu sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman secukupnya karena tidak adanya penjual makanan di kawasan Pulau Sempu.

Untuk berkunjung ke Pulau Sempu disarankan untuk tetap berhati-hati dan jangan sampai tersesat, karena pulau ini tidak ada penduduknya. Jangan berkunjung ke Pulau Sempu disaat musim ombak tinggi karena dikawatirkan Anda akan kesulitan saat akan menyeberang menuju Pulau Sempu. Disarankan untuk berkelompok jika Anda akan mengunjungi Pulau Sempu dan jangan lupa untuk sarapan karena jarak tempuh perjalanannya menuju ke Segara Anak.

Nah itulah sobat bertujuh.com salah satu keindahan pantai di Indonesia yang tidak kalah dengan pantai yang ada di luar negeri.



0 comments:

Post a Comment