About

Monday 23 February 2015

Mengenal Pesona Yang ada di Kota Malang

Bertujuh.com - Malang adalah sebuah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah kota Surabaya. Kali ini bertujuh.com akan memberikan sajian artikel mengenai Mengenal Peseona Yang Ada di Kota Malang. Banyak julukan yang dimiliki oleh Kota yang memiliki hawa sejuk ini, mulai dari Kota Pendidikan, Kota Pariwisata, Kota Pelajar dan Kota Bunga. Kota ini berada di dataran tinggi sehingga memiliki udara yang cukup sejuk. Kota Malang terletak di sebelah selatan Kota Surabaya dan dapat ditemput dengan jarak 90 km. Wilayah Kota Malang dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Malang, bersama dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang lebih dikenal dengan Malang Raya. Dari segi geografi kota Malang dikelilingi oleh beberapa gunung, seperti Gunung Semeru di sebelah timur, Gunung Arjuno di sebelah utara, Penderman dan Kawi di sebelah barat dan Gunung Kelud di sebelah Selatan.

Balai Kota Malang

Kota yang saat ini dipimpin oleh H. Moh. Anton sebagai walikotanya ini memiliki banyak keistimewaan sehingga membuat Kota Malang banyak dikenal masyarakat di seluruh Indonesia dan Dunia. Di dunia pendidikan, terdapat banyak fasilitas pendidikan yang memadai dan unggul yang terdapat di kota yang juga mendapatkan julukan sebagai kota pelajaran dan pendidikan ini. Tidak mengherankan apabila jumlah pendatang di Kota Malang setiap tahunnya terus bertambah yang kebanyakan pendatang adalah mereka yang ingin mengenyam ilmu pendidikan di kota dingin ini. Banyak alasan mengapa mereka ingin menempuh pendidikan di kota malang ini, selain karena banyaknya instansi pendidikan yang berkualitas kota Malang juga dikenal memiliki suasan yang tenang, penduduk yang ramah dan harga makanan yang relatif murah sehingga kota ini menjadi pilihan bagi pendatang yang ingin menempuh pendidikan di Kota malang.


Di bidang pariwisata Kota Malang juga menjadi salah satu pilihan Kota tujuan wisata, hal ini dikarenakan di Kota Malang memiliki daya tarik tersendiri dalam bidang pariwisata mulai dari Taman Kota dan Ruang terbuka hijau yang banyak tersebar di seluruh Kota Malang. Taman kota dan ruang terbuka hijau yang ada di kota Malang antara lain Taman Rekreasi Kota (Tarekot) yang terletak di belakang kantor Walikota/ Balai kota Malang, Alun-Alun Kota yang terleak di pusat perbelanjaan Kota Malang tepanya di depan Masjid Jami' Kota Malang dan Gedung Pemkab Malang, Alun-Alun Tugu yang terletak di depan Balai Kota Malang, Hutan Kota Malabar dan Merbabu Family Park yang terletak di kawasan belakang Jl. Ijen, Taman Bentoel Trunojoyo yang terletak di depan Stasiun Kota Baru Kota Malang tepatnya di Jalan Trunojoyo, serta Taman Singha Merjosari yang terleak di kawasan Dinoyo yang lokasinya tepat di depan pasar Merjosari.

Selain taman kota dan ruang terbuka hijau, di Kota Malang juga terdapat wisata pendidikan dan sejarah seperti Museum dan perpustakaan. Museum yang ada di kota Malang antara lain Museum Brawijaya Malang yang berada di Jalan Ijen, Museum Bentoel yang berada di kawasan Pecinan kecil atau Jl. Wiromargo, Museum Mpu Purwa yang berada di Jl. Soekarno Hata, Museum Malang Tempo Doeloe yang terletak di Jl. Gajahmada dan Perpustakaan Kota Malang yang terletak di Jl. Ijen tepatnya di depan Museu Kota Malang. Selain Museum dan perpustakaan di kota Malang juga banyak terdapat monumen-monumen dan tugu bersejarah yang berfungsi sebagai penanda dan mengingat peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia.


Seperti kota wisata yang lainnya, Kota Malang juga memiliki banyak tempat rekreasi yang biasa dikujungi wisatawan dari malang raya maupun luar kota seperti Taman Wisata Tlogomas yang berada di Jl. Tlogomas, Taman Wisata dan Budaya Senaputra yang berada di Jl. Kahuripan, Taman Kridha Budaya Jawa Timur yang berada di Jl. Soekarno Hatta, Taman Rekreasi Lembah Dieng yang berada di Jl. Wisata kawasan Lembah Dieng dan The Rumah Playground yang berada di Jl. Veteran Kota Malang. Selain tempat-tempat wisata tersebut jika Anda yang suka dengan wisata belanja, di Kota Malang juga terdapat Pasar Minggu Semeru yang belkoasi di Jalan Semeru daerah Stadion Gajayana Kota Malang, Pasar Minggu Vellodrome yang berada di lingkar luar arena Velodrome Sawojajar serta Wisata Kuliner Pulosari yang berada di Jl. Pulosari kota Malang. Setiap tahun Kota Malang mengadakan even untuk mengenang masa lalu kota Malang di jaman dahulu yakni Malang Tempoe Doeloe yang biasanya di adakan saat pertengahan tahun.

Untuk menunjang segala kebutuhan yang diperlukan warga Malang ataupun warga luar kota yang berkunjung di Kota Malang, di Kota Malang juag terdapat banyak Mall dan Pusat perbelanjaan mulai dari Malang Town Square (Mato) di JL.Veteran, Malang Olimpic Garden (MOG) yang berada di Jl. Kawi, Cyber Mall yang berada di Jl.  Raya Dieng, Mall Sarinah terletak di jalan Basuki Rahmad (kompleks alun-alun Kota), Mall Sarinah 2 (Giant) di wilayah sawojajar, Mall Malang Plasa yang terletak di jalan KH. Agus Salim, Mall Gajah Mada Plasa yang juga terletak di jalan KH. Agus Salim, Mall Mitra I Dept. Store, terletak di jalan KH. Agus Salim (bersebelahan dengan Mall Gajah Mada Plasa), Mall Carefour Express yang terletak di Jalan A. Yani, Mall Matahari Dept. Store di pasar besar, Mall Alun Alun Plaza (Ramayana) yg terletak di Jl Merdeka, @MX Mall yang berada di jl. Veteran, Hartono elektronikyang berada di Jl Letjen S Parman, Gunung Sari Intan yang berada di Jl. Jaksa Agung Suprapto,    TREND Shop yang berada di Jl S Wiryopranoto,Sardo Swalayan di Jl. Gajayana, Hypermart veteran di Jl. veteran, Giant yang berada di Jl. Kawi, Jl. Mt. Haryono dan Sawojajar. Selain supermarket dan Mall, di Kota Malang juga ditunjang banyak pasar-pasar tradisional yang banyak tersebar di seluruh kota Malang seperti Pasar Besar Malang, Pasar Blimbing, Pasar Dinoyo(sekarang pindah di Merjosari), Pasar Bunul, Pasar Mergan, Pasar Tawangmangu, Pasar Bareng, Pasar Oro-oro Dowo, Pasar Sukun, Pasar Gadang,   Pasar Induk Gadang, Pasar Burung & Tanaman Hias, Pasar Comboran, dan banyak lainnya.

Untuk menunjang sarana olahraga, di Kota Malang juga banyak terdapat fasilitas-fasilitas olahraga seperti Stadion Gajayana (yang memiliki banyak fasilitas seperti stadion berkelas internasional, Lapangan Tenis, Lapangan basket, lapangan voli, kolam renang, area tinju, dsb.), Arena Balap Sepeda Velodrome, Gor Ken Arok, GOR Bima Sakti, Araya Golf & Family Club, Dieng Family Club, Lembah Dieng swimming pool. Di kota yang juga mendaptkan julukan Paris East Java ini juga terdapat sebuah klub sepakbola yang sudah terkenal di seluruh nusantara dan dunia yakni AREMA Indonesia dengan suporter fanatiknya AREMANIA.


Nah itu masih sedikit gambaran tentang Kota Malang, tentunya masih banyak lagi pesona-pesona lain yang ada di Kota Malang.
 

0 comments:

Post a Comment