About

Thursday 3 November 2016

Tips Liburan Ke Batu Saat Liburan Panjang Bagi Keluarga

Bertujuh.com - Hallo sobat kali ini bertujuh.com akan memberikan sebuah tulisan mengenai Tips Liburan ke Batu Saat Liburan Panjang. Liburan merupakan hal yang sangat didambakan oleh setiap orang, karena dengan liburan bisa melepaskan pikiran yang penat akibat pekerjaan serta dapat mempererat hubungan kedekatan dengan keluarga. Disaat liburan inilah biasanya digunakan kesempatan untuk berwisata ke suatu tempat yang tentunya dapat melepas penat dan kejenuhan selama bekerja. 

Sebelum melakukan perjalanan liburan tentunya harus dipersiapkan segala sesuatunya dengan cermat agar dapat merasakan kenyamanan saat berlibur. Persiapan liburan dapat dilakukan dengan merencanakan tempat tujuan liburan, lama kunjungan liburan, sarana transportasi, penginapan, serta daftar wisata yang akan dikunjungi di tempat tujuan liburan.

Kota Wisata Batu - Tips Liburan Kota Batu

Dalam memilih tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh sekeluarga tentunya harus memperhatikan beberapa pertimbangan, seperti tidak terlalu memakan biaya yang besar selama liburan dan yang paling penting adalah memilih tempat wisata yang tidak hanya sekedar tempat rekreasi semata tetapi juga merupakan tempat edukasi/pembelajaran bagi anak-anak. Salah satu tempat wisata untuk mengisi liburan panjang yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak serta orang tua dalam berwisata dan be-edukasi adalah Kota Batu.

Saat ini Kota Batu merupakan tujuan utama wisatawan di Pulau Jawa, karena menyediakan banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata buatan dan wisata dengan minat khusus. Dengan kesejukan udara serta keindahan pemandangan yang ada, menjadikan Kota Batu menjadi salah satu kota tujuan favorit dalam mengisi liburan bagi keluarga. Apabila Kota Batu adalah tujuan liburan Anda, maka ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan liburan di Kota Batu.


TIPS LIBURAN DI KOTA BATU

Inilah beberapa tips liburan ke Batu saat liburan panjang bagi Keluarga
1. Booking penginapan
Penginapan selama liburan di kota Batu tentunya menjadi pertimbangan pertama yang harus Anda rencanakan terlebih dahulu sebelum Anda pergi untuk liburan di Kota dengan udara dingin tersebut. Agar saat Anda tiba di Kota Batu ada tempat untuk menginap maka sebelum berangkat berlibur, Anda harus mencari informasi tentang tempat penginapan baik berupa hotel maupun vila yang ada di Kota Batu. Apabila Anda berlibur dengan banyak anggota keluarga maka lebih baik untuk menyewa vila, karena dengan menyewa vila akan lebih murah serta Anda merasa seperti berada di rumah sendiri. Informasi tentang tempat penginapan pada saat ini sudah dapat diperoleh melalui internet, bahkan banyak tempat penginapan yang dapat di booking melalui online.

Anda dapat memilih tempat penginapan yang dekat dengan tempat wisata untuk menghemat transport. Untuk memilih tempat menginap tentunya juga harus di sesuaikan dengan budget/dana yang Anda miliki. Di kota Batu terdapat beberapa tempat wisata buatan yang tempatnya saling berdekatan, karena Kota Batu merupakan kota kecil sehingga jarak antar tempat wisata tidak terlalu jauh.

Untuk melakukan booking penginapan sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum Anda berangkat ke Kota Batu dan disarankan untuk tidak mendadak meskipun pilihan tempat menginap banyak, karena jika anda melakukan kunjungan wisata pada waktu liburan tentunya sangat sulit untuk menemukan penginapan yang kosong.

2. Waspada Lalu lintas padat di sekitar Kota Batu
Melakukan kunjungan wisata di saat liburan tentunya ada beberapa resiko yang harus dihadapi, salah tau kendala yaitu kemacetan. Semenjak menjadi Kota tujuan Wisata, pada saat liburan sekolah Kota Batu akan didatangi oleh ribuan wisatawan, sehingga banyak kendaraan yang memadati Kota Batu. Kendaraan wisatawan biasanya akan didominasi oleh kendaraan besar seperti bus pariwisata, dan tentunya juga banyak kendaraan pribadi. Dengan kondis jalan di Kota Batu yang tidak terlalu lebar serta digunakan untuk 2 arah sehingga jelas akan terjadi kemacetan selama liburan. Lalu lintas yang padat terutama pada jalan utama Ngandat, Jl. Raya Beji, Bumiaji, Jl. Dewi Sartika, Jl. Patimura, Jl. Imam Bonjol. Bahkan efek dari kemacetan ketika Liburan di Kota Wisata Batu hingga sampai wilayah Malang.

Untuk menghindari kemacetan yang terjadi selama menuju Kota Batu sebaiknya wisatawan berangkat menuju tempat wisata pada pagi hari, karena jalanan masih sepi dan wisatawan dari luar kota belum datang. Anda dapat melakukan sarapan pagi di tengah perjalanan menuju tempat wisata. Jika anda sudah menguasai rute-rute di Kota Batu, sebaiknya pilih jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.

3. Tips Berkendara
Melakukan perjalanan wisata dengan membawa mobil pribadi akan lebih hemat serta anda bebas untuk mengunjugi tempat-tempat wisata yang yang diinginkan mulai pagi, siang bahkan malam hari. Tetapi tentunya kendaraan yang akan di bawa harus dipesiapkan sebaik mungkin agar tidak mengalami kerusakan di tengah jalan.
Tips berkendara melakukan perjalanan wisata ke Kota Wisata Batu adalah:

  1. Jika melakukan perjalanan jauh sebaiknya Anda membawa anggota keluarga yang dapat menggantikan untuk menyetir saat anda lelah dalam perjalanan.
  2. Jangan membawa keluarga terlalu banyak, sesuaikan dengan daya tampung kendaraan yang dibawa, agar perjalalan terasa nyaman.
  3. Pelajari rute yang akan anda lalui, jika anda kurang mengerti rute menuju ke Kota Batu sebaiknya pasangi kendaraan dengan alat penanda arah atau Anda juga bisa memanfaatkan smartphone Anda sebagai penunjuk Arah dengan mengaktifkan GPS pada smartphone Anda.
  4. Pastikan mobil dalam keadaan prima karena Kota Batu adalah pegunungan sehingga akan banyak ditemui jalan menanjak.
  5. Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat dan bugar saat mengendari mobil.
  6. Pastikan membawa kelengkapan surat-surat kendaraan 
  7. Selalu waspada saat melalui jalan yang menanjak dan berkelok, karena jalan yang sempit jangan mendahului kendaraan yang ada di depan.
  8. Jika merasa lelah saat mengendarai sebaiknya Anda beristirahat di rest area
Nah itulah beberapa Tips Liburan Ke Batu Saat Liburan Panjang Bagi Keluarga. 

0 comments:

Post a Comment