About

Friday 16 December 2016

Daftar 3 Tempat Wisata Di Kota Batu Yang Memacu Adrenalin

Bertujuh.com - Kota Batu semakin mengembangkan potensi wisatanya dan mempercantik diri agar wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi Kota Batu, tentunya hal ini dilakukan karena saat ini Kota Batu sebagai tujuan utama wisata di daerah Jawa Timur bahkan dari luar propinsi Jawa Timur.
Kota Wisata Batu yang berada di wilayah pegunungan ini memiliki berbagai macam jenis tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata minat khusus hingga wisata ekstrim yaitu wisata yang mampu memacu adrenalin bagi wisatan.

Berikut ini Daftar 3 Tempat Wisata Di Kota Batu Yang Memacu Adrenalin

1. Wisata paralayangan di Gunung Banyak
Bagi pecinta olah raga paradigling atau paralayang, di Kota Batu juga terdapat obyek wisata yang cocok untuk olahraga yang dapat memacu adrenalin ini, wisata paralayang ini terletak di kawasan Gunung Banyak Kota Batu. Untuk menuju wisata paralayang Gunung Banyak diperlukan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Batu.
Wisata paralayang dibuka mulai pagi pukul 07.00 WIB hingga sore hari pukul 16.00 WIB, dan saat ini akan dirintis paralayang di malan hari. Terdapat 2 macam paket paralayang yaitu tandem dan terbang sendiri. Bagi yang belum berpengalaman atau belum berani untuk terbang sendiri, maka untuk terbang ditemani oleh seorang instruktur yang telah berpengalaman sedangkan  bagi yang ingin melakukan paralayang sendiri maka akan diberikan semacam training khusus sebelum melakukan paralayang.
Karena paralayang termasuk olahraga yang sangat memacu adrenalin maka untuk melakukan paralayang ada beberapa syarat  yang harus dipatuhi, antara lain hal harus dipatuhi adalah harus cukup umur (tidak boleh anak-anak) serta tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Dan syarat untuk melakukan olehraga paralayang ini adalah cuaca harus cerah, berangin dan tidak dapat dilakukan dalam keadaan gerimis, hujan serta berawan (dikwatirkan terjadi petir).
Gunung Banyak di Kota Batu memiliki ketinggian yang sangat cocok untuk melakukan pemberangkatan paralayang. Untuk melakukan olah raga ini peserta diberikan peralatan khusus semacam parasut, serta helm. Setelah diberi aba-aba oleh instruktur, maka peserta berlari sampai akhirnya tubuh terasa ringan dan melayang diudara.Saat melayang di udara dapat disaksikan keindahan panorama alam di KotaBatu dari ketinggian, terlihat deretan gunung yang berjajar seakan mengelilingi Kota Malang dan Batu, yaitu gunung Kawi, gunung Arjuno, gunung Panderman, pegunungan Tengger dan jika cuaca cerah dapat disaksikan gunung Semeru yang menjulang paling tinggi. Peserta akan terbang di udara selama 10-20 menit, tergantung dari kecepatan angin.
Untuk mencoba barparalayang di gungng Banyak tersedia bermacam paket mulai dari paket basic sampai paket premium dengan harga mulai Rp 400.000 sampai Rp. 600.000. Sedangkan untuk memasuki wilayah wista gunung Banyak pengujung akan dikenakan tiket sebesar Rp 5.000.
2. Rafting di Kaliwatu
Selain paralayang,  di Kota Batu juga menyediakan rafting bagi pecinta olah raga ekstrim. Menyusuri aliran sungai Brantas yang cukup deras serta berbatu membuat olah raga ini mampu memompa adrenalin. Bagi pecinta oleh raga arung jeram, medan yang ada di Kaliwatu ini sangat menantang, karena bebatuan  yang siap menghadang membuat perahu susah untuk lewat. Diperlukan waktu sekitar 3 – 4 jam untuk menyusuri sungai dengan panjang  lintasan sekitar 12 km.
Di arena ini terdapat beberapa jenis jeram yaitu jeram double drop, jeram macan, jeram lompat dan jeram yang siap membalikkan perahu yaitu jeram watu pecah. Pihak penyelenggraa sangat memperhatikan keselamatan peserta sehingga peserta juga harus mematuhinya yaitu batasan usia untuk dapat ikut arung jeram, serta yang terpenting adalah cuaca. Jika hujan sudah mulai turun maka kegiatan arung jeram segera dihentikan semua termasuk peserta yang sudah berada di tengah sungai. Dikawatirkan akan terjadi banjir besar dari atas sehingga ditakutkan peserta akan terbawa arus.
Lokasi rafting Kaliwatu berada di jalan raya desa Pandanrejo, tempat wisata ini dikelola dengan konsep pemberdayaan masyarakat.
Harga paket arung jeram :
Rp 160.000/orang dan peserta minimal 10 orang
Fasilitas:
  • Peralatan arung jeram
  • Guide
  • Rescue
  • Welcome drink
  • Snack
  • Lunch
  • asuransi
3. Track  di downhill
Downhill adalah suatu wisata oleh raga ekstrim menuruni bukit dengan mengunakan suatu sepeda khusus jenis MTB. Selain paralayang dan arung jeram di Kota Batu juga terdapat sebuh wisata yang menantang yakni Downhill. Downhill adalah suatu wisata oleh raga ekstrim menuruni bukit dengan mengunakan suatu sepeda khusus jenis MTB. Pada awalnya lokasi downhil berada di Gunung Banyak persisnya di lokasi paralayang, tetapi karena medannya terlalu curam dan kurang menarik minat wisatawan maka lokasi downhill dipindahkan ke Bukit Klemuk  Songgoriti. Di area donwhill ini terdapat 2 track downhill dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Track pertama adalah track yang biasa digunakan untuk kejuaraan nasional downhill, dan yang kedua adalah track ekstrim bagi para penggemar sepeda dengan rute yang lebih menantang.
Bagi yang tidak mahir mengendarai MTB disarankan untuk tidak melewati rute ini karena sangat berbahaya, di kiri dan kanan terdapat jurang.  Bagi pemula disediakan lintasan yang lebih aman dan jauh dari jurang.
Akses menuju bukit Klemuk Songgorti adalah dengan memanfaatkan jasa mobil pengangkut / pickup.


Nah itulah  Daftar 3 Tempat Wisata Di Kota Batu Yang Memacu Adrenalin, Anda tertarik? tidak ada salahnya kalo Anda utuk mencobanya ketika berkunjung ke Kota Batu.

0 comments:

Post a Comment